SMK Texmaco Semarang Community
Selamat datang di SMK Texmaco Semarang Commmunity

Silakan Login/Register dahulu ysch,,,


thxz,

Rahasia Langsing

Go down

Rahasia Langsing

Post by tribowo on 25th November 2010, 18:39



Menghitung asupan kalori ternyata bukanlah kunci utama, baik dalam menurunkan maupun mempertahankan berat badan ideal Anda.
Berdasarkan studi tentang diet berskala besar di Eropa, cara terbaik memangkas berat badan adalah makan sekenyangnya, asalkan menu yang disantap adalah makanan yang tepat, seperti daging, kacang-kacangan, dan pasta dingin.

Suatu riset di Inggris menyimpulkan bahwa metode diet berbasis penghitungan kalori selama ini ternyata tidaklah efektif. Untuk membuat badan tetap langsing, seseorang justru harus menyantap makanan yang tepat tanpa pembatasan jumlah.

Kesimpulan itu diambil para peneliti setelah membandingkan lima jenis tipe diet. Mereka menemukan bahwa model paling pas dan efektif dalam pelangsingan adalah pola diet tinggi protein plus indeks glikemik (IG) rendah, yang di dalamnya terdapat jenis makanan seperti daging tanpa lemak, ikan, telur, dan beberapa jenis kacang-kacangan.

Diet ini juga berpatokan pada karbohidrat dengan IG yang rendah, seperti roti gandum dan nasi merah. Makanan-makanan seperti ini dicerna oleh tubuh secara lambat dan membuat perut kenyang lebih lama. Kadar gula darah pun tetap stabil.

Menurut para peneliti, makanan-makanan dingin atau dibekukan juga akan dicerna secara lambat dan memiliki IG lebih rendah. Adapun pasta dingin mengandung lebih banyak karbohidrat tidak larut atau disebut resistant starch, yang dapat memperlambat pencernaan.

Ilmuwan yang menggagas riset ini, Profesor Arne Astrup dari Universitas Kopenhagen, Denmark, mengklaim bahwa temuannya dapat menjadi salah satu solusi menekan wabah obesitas.

"Selama bertahun-tahun kami telah memberi nasihat keliru tentang bagaimana menurunkan berat dan mencegah kegemukan. Memperhitungkan kalori tidaklah berhasil dan mungkin membuat masalah semikin buruk karena tidak melihat jelas tipe-tipe berbeda dari makanan," ujarnya.

Komposisi diet yang baru ini, lanjut Astrup, diyakini lebih efektif membantu mempertahankan bobot ideal. "Diet ini mengandung protein lebih tinggi dan makanan-makanan dengan IG yang rendah, serta Anda boleh makanan sebanyak yang Anda mau," ujar Astrup yang memublikasikan risetnya dalam jurnal The New England Journal of Medicine.

Astrup dan timnya memantau 772 keluarga di Eropa yang terdiri dari 938 orang dewasa dan 827 anak. Relawan dewasa yang gemuk dan mengidap obesitas diwajibkan mengikuti diet tradisional senilai 800 kalori per hari selama 8 pekan dan berhasil menurunkan rata-rata 10 kg. Mereka kemudian diminta memilih salah satu dari 5 jenis tipe diet untuk melihat model mana yang paling efektif menurunkan berat badan.

Lima opsi diet tersebut adalah diet rendah protein dan tinggi IG, rendah protein dan rendah IG, tinggi protein dan rendah IG, tinggi protein dan tinggi IG, sedangkan kelompok kelima tidak diberikan batasan panduan makanan IG.

Hasil riset menunjukkan, kelompok diet tinggi protein rendah IG tercatat sebagai kelompok yang mengalami penambahan berat paling minim, sedangkan kelompok rendah protein tinggi GI paling banyak mengalami kenaikan berat dengan rata-rata 1,5 kg. Anak-anak juga mendapat manfaat dari pola diet tinggi protein rendah IG meski mereka tidak secara khusus menjalani diet. Pada akhir riset, jumlah anak yang mengalami kegemukan menurun hingga 39 persen.
sumber

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -


avatar
tribowo
A D M I N
 A        D        M       I         N

Male Post : 1151
Join date : 2009-05-08
Age : 36

http://smktexmaco.super-forum.net

Back to top Go down

Re: Rahasia Langsing

Post by tribowo on 25th November 2010, 18:41

Rahasia mempertahankan bobot ideal ternyata semudah mematikan lampu kamar tidur saat akan beristirahat di malam hari, demikian hasil sebuah riset mengindikasikan.

Para ahli dari Universitas Ohio State di Amerika Serikat menyatakan, tubuh yang terpapar cahaya secara konstan di malam hari akan mengalami perubahan metabolisme. Akibatnya, bobot tubuh bisa terus bertambah, walaupun jumlah kalori yang diasup tidak mengalami perubahan.

Menurut temuan para ahli, terjaga hingga larut malam dapat menimbulkan perubahan dalam hal kebiasaan menyantap makanan, di mana jumlah kalori akan lebih banyak masuk ke dalam tubuh pada malam hari di saat metabolisme mulai menurun.

Bukti penelitian lain telah mengindikasikan, para pekerja shift malam lebih rentan mengalami sakit jatung dan diabetes.

Dalam riset terbaru yang dimuat jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, para ahli menyimpulkan bahwa paparan cahaya dapat memengaruhi berat tubuh. Kesimpulan itu diperoleh lewat percobaan menggunakan hewan tikus di laboratorium.

Dari hasil pemantauan. kelompok tikus yang terpapar cahaya lampu pada malam hari selama delapan pekan mengalami penambahan berat tiga kali lebih besar ketimbang kelompok tikus yang diterangi lampu yang lebih gelap.

"Meskipun tidak ada perbedaan dalam hal level aktivitas atau konsumsi makanan, tikus yang diterangi lampu di malam hari menjadi lebih gemuk dibandingkan yang lainnya," ungkap Laura Fonken, peneliti dari Ohio State University.

Peneliti bilang, penambahan berat jelas bukan hanya sekedar jumlah kalori yang masuk dan yang keluar, tetapi tergantung pada jam tubuh atan ritme sirkardian. Fonken menyatakan, tikus-tikus ini tidak mengalami penurunan aktivitas atau mengasup lebih banyak makanan, tetapi mereka cenderung makan pada 'saat yang berbeda'.

"Cahaya di malam hari adalah faktor lingkungan yang mungkin memberi kontribusi terhadap epidemik obesitas dengan cara yang tidak diharapkan masyarakat. Obesitas pada masyarakat berkaitan dengan sejumlah faktor termasuk lamanya paparan terhadap cahaya di malam hari," ungkap peneliti lainnya Prof Randy Nelson.

Misalnya, para ahli telah mengidentifikasi lamanya pemakaian komputer dan menonton televisi sebagai faktor pencetus obesitas, tetapi fokusnya seringkali pada bagaimana hal itu berkaitan dengan minimnya aktivitas.

Padahal, kata Nelson, mereka yang menggunakan komputer atau menonton TV di malam hari mungkin menyantap makanan pada waktu yang salah, sehingga mengacaukan metabolisme tubuh mereka.

"Jelas sekali, mempertahankan bobot tubuh perlu menjaga asupan kalori tetap rendah dan aktivitas fisik yang tinggi, tetapi faktor lingkungan dapat menjelaskan bagaimana mereka yang menjaga keseimbangan energi pun berat badannya masih bertambah," ujarnya.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -


avatar
tribowo
A D M I N
 A        D        M       I         N

Male Post : 1151
Join date : 2009-05-08
Age : 36

http://smktexmaco.super-forum.net

Back to top Go down

Re: Rahasia Langsing

Post by tribowo on 25th November 2010, 18:43



Manfaat meminum air putih secara rutin bagi kesehatan dan kecantikan memang tidak terbantahkan. Riset terbaru menunjukkan, meminum air sebelum makan dapat membantu menurunkan berat badan.

Studi para ahli dari Virginia Tech, Amerika Serikat mengungkapkan, para wanita yang menjalankan program diet mampu menurunkan rata-rata 2,7 kilogram bobotnya lebih banyak jika meminum air putih dua atau tiga gelas sehari sebelum makan. Penelitian ini telah diuji selama 12 minggu pada 48 orang dewasa dengan rentang usia 55 sampai 75 tahun, yang terbagi dalam dua kelompok.

Kelompok pertama mengikuti diet rendah kalori, tapi tidak minum air tambahan sebelum makan. Kelompok kedua mengikuti diet rendah kalori tapi minum dua gelas air sebelum menyantap makanan.

Menurut Dr Brenda Davy yang memublikasikan riset ini pada National Meeting of the American Chemical Society in Boston, meski air putih bisa membuat anda kenyang tanpa menambah kalori, tapi terlalu banyak minum air pun tidak disarankan karena dapat mengakibatkan problem kesehatan yang serius.

Tidak Berkalori
Berdasarkan hasil penelitian selama 12 minggu, mereka yang minum air putih sebelum makan kehilangan sekitar 7 kilogram, sementara yang tak meminum air putih sebelum makan hanya turun 5 kilogram saja.

Bahkan sebuah riset sebelumnya menemukan, responden usia paruh baya dan lansia yang minum dua gelas air putih sebelum makan, maka jumlah asupan yang mereka makan berkurang 75 hingga 90 kalori dibanding tidak mengkonsumsi air putih sebelum makan.

Menurut Davy, penelitian itu merupakan uji coba terkontrol pertama yang dilakukan secara acak untuk melihat pengaruh konsumsi air terhadap diet.
Davy bilang, alasan mengapa air putih sangat efektif terhadap proses penurunan berat badan karena air putih membuat kenyang tetapi tak berkalori.

"Orang harus lebih memilih minum air putih dan membatasi minuman manis yang berkalori tinggi. Ini adalah cara sederhana untuk menjaga berat badan," kata Davy.

Memilih minuman diet atau jenis lainnya yang berpemanis buatan, lanjut Davy, juga dapat membantu mengurangi asupan kalori dan menurunkan berat badan.
sumber

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -


avatar
tribowo
A D M I N
 A        D        M       I         N

Male Post : 1151
Join date : 2009-05-08
Age : 36

http://smktexmaco.super-forum.net

Back to top Go down

Mitos Seputar Diet

Post by tribowo on 25th November 2010, 18:44



Dengan diet yang benar, berat badan jadi seimbang, tubuh pun lebih sehat. Anda yang ingin menjaga berat badannya, jangan sembarangan percaya dengan mitos-mitos yang berkembagn seputar diet. Berikut mitos-mitos diet yang perlu Anda perhatikan

1. Tidak makan malam
Menghindari makan malam untuk menurunkan berat badan, adalah mitos yang kurang tepat. Berat badan dipengaruhi oleh kalori total yang diasup dikurangi kalori yang dikeluarkan dalam sehari (berat badan = kalori total yang diasup - kalori yang dikeluarkan).

Jika makan malam dihilangkan, kemudian menggantinya dengan makanan kecil untuk menahan lapar, dan makanan kecil yang dimakan untuk mengganti makan malam tadi mengandung kalori tinggi, maka berat badan tetap tidak akan turun. Menghilangkan makan malam juga akan berakibat munculnya keluhan tubuh tidak nyaman, lapar, atau bahkan gangguan lambung (sakit mag).

Jika makan malam diganti dengan mengudap buah, dengan catatan pada malam hari tidak melakukan aktivitas apa-apa. Prinsipnya, makan adalah menyuplai tubuh untuk metabolisme tubuh, mengganti sel yang rusak, aktivitas fisik, dan lainnya. "Kalau tidak ada suplai, ya tidak akan bisa beraktivitas karena kelaparan, yang akan dikompensasi tubuh dengan membentuk gula dari cadangan tubuh sendiri. Dampaknya, metabolisme terganggu, dan akan timbul keluhan tidak enak badan, bahkan bisa timbul sakit mag."

2. Tidak sarapan pagi bagus untuk diet
Salah. Tanpa sarapan, gula darah akan bisa turun. Kadar gula yang rendah akibatnya konsentrasi terganggu, lemas, mudah marah dan sebagainya. Sehingga bagi orang yang bekerja jadi tidak efektif. Biasanya, dengan tidak sarapan rasa lapar diatasi dengan makanan kecil, yang seringkali karena bentuknya kering dan ringan, ternyata kalorinya banyak. Akibatnya, tujuan malah tidak tercapai juga, BB bisa-bisa naik.

Kecenderungan lain adalah, karena pagi tidak sarapan, sehingga siang hari kelaparan dan makan jadi banyak. Jadinya tidak efektif juga. Metabolisme tubuh yang normal tidak bisa menerima pola makan yang tidak teratur.

3. Minum air putih dan air es akan membuat tubuh melar
Ini juga mitos yang salah kaprah. Air putih tidak mengandung kalori, jadi tidak akan menyebabkan gemuk. Air es memang akan membuat penyerapan makanan jadi lebih baik, tetapi air putih sendiri tidak memberikan sumbangan kalori. Sehingga seberapa banyak minum air putih tidak akan meningkatkan timbunan lemak. Pada tubuh yang normal, konsumsi air yang sangat banyak akan dikeluarkan oleh tubuh melalui kencing, sehingga kandungan air di tubuh tetap dalam batas normal.

4. Air jeruk nipis cespleng menurunkan berat badan
Mitos yang juga tak benar. Malah, yang terjadi, biasanya kita meminum es jeruk dengan ditambah gula banyak-banyak supaya manis, karena jeruknya sangat asam. Akibatnya, lemak makin menumpuk. Boro-boro berat badan turun, yang terjadi malah bisa sebaliknya.
sumber

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -


avatar
tribowo
A D M I N
 A        D        M       I         N

Male Post : 1151
Join date : 2009-05-08
Age : 36

http://smktexmaco.super-forum.net

Back to top Go down

Cara Instan Merampingkan Tubuh

Post by tribowo on 25th November 2010, 18:45

Ada banyak cara untuk membuat tubuh menjadi ramping. Jika diet atau berolahraga memberi efek jangka panjang, memilih pakaian yang tepat akan membantu Anda mendapatkan tubuh ramping dalam sesaat. Cara yang paling sederhana saja, jangan memakai pakaian yang menonjolkan bagian tubuh tertentu yang berukuran plus. Kadangkala hal ini memang tidak kita sadari, karena kita sering diburu waktu saat berdandan. Karena itu, siapkan pakaian apa yang ingin Anda kenakan semalam sebelumnya.

1. Pilih pakaian dengan ukuran yang memang sesuai. Tidak terlalu sempit, tidak terlalu longgar. Pakaian longgar memang akan menyembunyikan beberapa bagian tubuh Anda, namun juga memberi kesan kurang rapi. Sedangkan pakaian yang terlalu sempit tampaknya menjadi bukti bahwa Anda tak ingin menerima kenyataan bahwa tubuh Anda sudah lebih membesar dari beberapa bulan sebelumnya.

2. Kenakan pakaian atau pants dengan motif garis-garis vertikal. Secara sederhana motif ini akan membutuh tubuh Anda lebih tinggi. Jangan memakai motif bergaris horisontal, apalagi yang garis yang tebal. Anda makin terlihat melebar, dan selain itu juga tidak terlihat elegan.

3. High heels juga membuat Anda menjadi lebih tinggi, dan otomatis juga lebih ramping. Bandingkan jika Anda yang tertubuh gemuk memakai sepatu teplek. Bagaimana pun juga, lebih baik terlihat tinggi besar daripada gemuk pendek, bukan? High heels juga cocok digunakan dengan rok, karena akan menonjolkan kaki Anda.

4. Pilih satu warna yang gelap, namun bila mungkin bukan warna hitam. Pilihan hitam-hitam akan membuat orang mengira Anda baru pulang melayat. Pilih saja warna merah atau ungu tua. Jika Anda memiliki pinggul yang lebar, pilih rok atau pantalon berwarna gelap untuk menyamarkannya.

5. Jangan memilih atasan yang ngatung, karena hanya akan menampakkan pinggang Anda yang berlemak. Pakai atasan model empire waist (potongan di bawah dada) untuk menyembunyikan lemak di perut. Atau, sekalian yang panjang menutupi pinggul.

6. Rok panjang akan membuat Anda lebih tinggi, sedangkan rok mini membuat Anda lebih pendek. Pilih rok yang jatuhnya persis di bawah lutut, karena memberi kesan lebih tinggi dan lebih ramping. Jika Anda bertubuh pendek, jangan memakai rok sepanjang pergelangan kaki. Ini hanya akan menenggelamkan tubuh Anda.

7. Skinny jeans memang masih banyak dipakai, tetapi jangan pakai jeans model ini jika Anda berpinggul lebar. Hal ini akan makin menonjolkan ukuran pinggul Anda. Pilih jeans dengan model boot cut, karena lebar celana di bawah akan mengimbangi lebar pinggul Anda.

8. Jangan menggunakan belt berukuran lebar, karena akan menonjolkan bagian perut.

9. Pilih pakaian dengan lengan sebatas siku, yang akan melindungi bagian lengan Anda yang besar. Hindari pakaian dengan bahan yang terlalu melekat di badan, yang hanya akan membuat lengan Anda bagai pentungan cabe yang banyak dijual di kawasan Puncak.

10. Jangan memakai celana dalam model bikini. Silakan bercermin. Anda akan melihat lemak di bagian perut menggantung, bahkan setelah Anda memakai celana panjang. Untuk bra, gunakan push up bra untuk mengangkat payudara Anda.

sumber

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -


avatar
tribowo
A D M I N
 A        D        M       I         N

Male Post : 1151
Join date : 2009-05-08
Age : 36

http://smktexmaco.super-forum.net

Back to top Go down

Re: Rahasia Langsing

Post by Sponsored content


Sponsored content


Back to top Go down

Back to top


 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum